Monday, July 28, 2008

All about PTC...

* Binun, PTC itu apa ya?
PTC=Paid To Clik, kalo di Indonesia-in, kira2 gini, kita ngeklik terus dibayar deh sama yang punya web.

* Emang yang diklik apaan?
iklan, jadi kalo kita ngeklik iklan yang ada disitus PTC itu, kita dibayar. Singkatnya gitu. Kalau saya pribadi menyebut orang yang mencari uang dengan cara seperti ini adalah, advetising clicker. Keren kan?? Hehehe... Mungkin saja beberapa tahun ke depan profesi ini akan sangat digemari oleh sebagian orang^^

* Caranya?
kamu harus daftar dulu ke web PTCnya, baru bisa untuk mulai ngeklik iklannya.

* Nunggu berapa hari tuh baru bisa ngeklik iklan?
saat itu juga kamu udah bisa mulai ngeklik dan bisa ngumpulin recehan dollar xp

* Perlu modal nggak sih kalo mo daftar gitu?
nggak perlu modal apa2, paling langganan internet aja. tapi kalo udah ada dari kantor atau gratisan online pake wifi di kampus, kan, lumayan banget tuh. jadi kamu cuma modal laptop aja sama betah2an nongkrong di kampus deh.

* Bisa di jelasin nggak garis besar cara kerjanya gimana?
1. Yang pasti harus daftar di web PTC, yang bisa kamu liat listnya dsebelah kanan itu. List itu (sejauh ini) daftar list yang pernah dan terbukti mencairkan dollar yang udah kita kumpulin dan kemungkinan besar, list disamping bukan Scam.

2. Kamu login ke web yang uda kamu daftarin tadi.

3. Pilih bagian view adds atau surf add (biasanya tertulis gitu). Nah, setelah itu akan ada daftar iklan yang siap kamu klik. Sekarang kamu klik satu per satu iklannya dan (biasanya) akan ngebuka tab baru. Tunggu sampai timernya nunjukin angka nol dan muncul tanda centang warna ijo (atau tulisan: your account has creddited). FYI, timer PTC berkisar 30 detik, namun ada juga beberapa yang hanya 10 detik. Tapi kalau yang timernya 10 detik, kita juga akan dibayar lebih rendah daripada timer yang 30 detik.

* Berapa banyak iklan yang bisa kita klik dalam satu hari?
Selama ini, saya menemukan iklan terbanyak PTC adalah 25 iklan per hari, namun ada juga yang cuma 8 sampai 10 iklan. Tergantung PTC-nya juga sih.

* Cape dong ya melototin iklannya satu-satu?
Enggak juga tuh. Sambil kamu nunggu timernya habis, kamu bisa nyambil browsing atau ngerjain pekerjaan lainnya kok, selama counternya nyala, ya... Abis itu, kamu liat uda ad belum tanda yang nunjukin account kamu uda nambah dollarnya, kalo udah kamu tutup tab iklan yang udah kamu klik tadi. trus kembali ke halaman 'surf ads' kamu, klik lagi deh iklan yang ada dibawahnya. tutup lagi. klik lagi yang baru. Gitu deh seterusnya.

Tips. Awalnya kamu emang ngerasa jenuh banget, tapi percaya deh, lama-lama juga biasa kok.

* Per iklan dibayarnya brp sih emangnya?
Tergantung PTC-nya. Kebanyakan sih $0.01 untuk 30 detik. Ada juga yang $0.015 per 30 detik. Tapi ada juga yang cuma ngebayar $0.005. Kalo dirupiahin, per iklan kamu dibayar Rp 50 sampai Rp 150.

* Waduh, kok dikit banget ya?
Namanya juga usaha nggak pake modal (dalam bentuk nyata, ya, misalnya nggak ngeluarin uang langsung). Memang kalo dihitung pakai nilai uang sekarang, dikit banget, tapi lumayan banget kan untuk nambah-nambahin uang jajan kamu. Itung-itungan bodohnya, 1 hari kamu ngeklik 10 iklan dikali $0.01, jdi dalam sehari kamu dapet $0.1. Sebulan kamu ngumpulin $3. Setahun $36.

* Dikit banget sih?
Memang, tapi itu kan buat satu pendaftaran kamu di satu PTC. Kalo kamu gabung di 20 PTC, brp tuh income kamu? Itung sendiri, ya? hehehe...

* Kok masih kecil juga ya income kita, padahal kan udah ngeklik iklan tiap hari?
Kalau kamu serius pengen dapet penghasilan dari PTC, kamu bisa ngelakuin dua cara untuk naikin jumlah income kamu. Oke, saya jelasin, ya!

$ Upgrade Membership
Memang harus ngeluarin modal. Kaya' ngebayar klik iklan, biaya upgrade membership per website PTC itu beda2 juga. Ada yang $20 bahkan ada juga yang nyampe $50.
Keuntungan kamu dari upgrade ini, bayaran kamu yang tadinya $0.01 per klik sekarang jadi $0.015 (tergantung webnya). Itung deh, 10 iklan dikali $0.015, sehari kamu dapet $0.15. Dikali sebulan $4.5 dan setahun $54. Itu cuma dari satu PTC aja ya!

$ Cari referrals yang banyak. Caranya, kamu promosiin link referrals kamu (misalnya http://www.kinanbux.com/?=namakamu) ke sebanyak mungkin orang. Biasanya kamu akan dibayar sesuai dengan kebijakan dari PTC masing-masing ($0.01 per orang, tapi ada juga yang $0.03 per orang yang daftar pakai link kamu)/

* Tapi blm ngerti, referrals itu apa sih artinya?
Bahasa singkatnya referrals itu sama kaya' downline kita. Jadi dia adalah orang yang make referensi dari kita. Semakin banyak referrals kamu, semakin banyak juga recehan dollar yang kamu kumpulin.

Ada juga beberapa PTC yang memberikan kita semacam earnings per klik dari referrals kita. Maksudnya, kalo referrals kita ngeklik iklan, kita dapet keuntungan juga, biasanya sih 10% dari jumlah earningsnya dia.

Itung-itungan lagi, yuk...
Kalo kamu dapet 10 orang referrals, bonus gabung mereka buat kamu 10x$0.01=$0.1 (pendapatan kamu nambah dong)...

Nah, kalo referrals kamu itu aktif juga ngeklik iklan, dan dalam 1 hari ngeklik 10 iklan juga, brarti kamu dapet (10% x $0.01 = $0.001 per orang. dikali 10 orang sama dengan $0.01) per hari. Kamu kaliin deh seminggu, trus sebulan, trus setahun. Lumayan banget kan??? Haree gene, siapa yang mo ngasi kamu uang cuma2 gitu loh,,,^^

Makanya sering2 dong, promosi ke orang2 tentang PTC dan ajak gabung dibawah kamu.

* Kok kaya'nya masih sedikit juga, ya?
Memang. Tapi kalo kamu masih gagal juga dengan cara ini, kamu bisa nyoba cara lain, yaitu beli referrals. Caranya gini, kamu beli referensi ke website PTC bersangkutan (PTC juga jual referrals, loh), biasanya dihargai $1. Kebanyakan sih dijual paketan gitu. Tapi ada juga dijual paketan sama upgrade.

Kekurangannya, belum tentu referensi kita itu aktif semua. Kebayakan yang aktif cuma 60-80%-nya aja.

* Jadi maksudnya, webnya nyari orang buat jadi referensi kita?
Yup, bener banget. Tapi mereka adalalah orang yang mo daftar ke PTC tapi belum ada referensinya.

* Nah, ntar kalo kita udah ngumpulin lumayan banyak dollar nih, cara PTC bayar ke kita gimana tuh?
Macem-macem. Ada yang pakai paypal, alertpay sama e-gold. Cuma kalo e-gold udah jarang dipake sama orang.

* Ngedapetin paypal sama alertpay gimana dong?
Seperti biasa, kamu harus daftar dulu. Untuk penjelasan lebih lanjutnya, nanti akan saya jelaskan di halaman lain ya. Mudah2an kalo kamu tertarik buat usaha PTC, saya udah selese nulis tentang paypal sama alertpay-nya.

* Wah, takut nih, jangan-jangan uang kita malah nggak dibayar sama mereka.
Dibayar kok, tenang aja selama PTC itu bukan PTC penipu, ya. Untuk lebih jelasnya, nanti akan saya jelaskan di bawah.
Kalo paypal, kita bisa transfer ke rekening bank yang ada di Indonesia.
Kalo alertpay, biasanya pihak PTC-nya ngirimin kita cek gitu, pencairannya bisa kamu lakuin di bank kita yang ada di sini.
Ato kalo ada temen2 yang mo nuker uang, kita transfer dollarnya, dia yang transfer rupiahnya. Gitu...

* Uangnya nyampe ke kita lama nggak sih? Bisa nyampe berbulan-bulan nggak?
Bisa aj. Maksimal sih 6 bulanan, tapi ada juga yang nerima pembayarannya cuma 5 hari setelah dia ngajuin permohonan pencairan uangnya. Tergantung kamu milih cara pembayarannya deh.

* Mungkin nggak sih uang kita dibawa kabur alias nggak dibayar sama sekali?
Mungkin aja. Untuk bahan perbandingan, nih, dari 100 PTC, yang bener-bener ngebayar kita mungkin cuma 5 PTC aja.

Waduh, jangan langsung loyo dong, kita juga harus pinter-pinter nyari PTC yang bener-bener ngebayar duit kita. Cari sebanyak mungkin info tentang PTC yang akan kita daftar. Googling aja. Misalnya, kita pengen tau tentang bux.to, ketik aja kata kunci 'bux.to scam' atau 'bux.to penipu' (FYI: bux. to banyak juga orang Indonesia yang ikut dalam PTC ini). Cara lain, kamu ikut forumnya, kalo banyak yang complain masalah pembayaran, brarti bisa diambil kesimpulan kalo PTC itu nggak bener alias penipu.

Bisa juga gini, kamu cari sebanyak mungkin bukti-bukti pembayaran yang biasanya akan masuk di blog orang-orang yang sudah pernah dibayar. Makin bnyak orang yang dibayar, kemungkinan besar PTC itu bukan PTC bermasalah.

Sebagai tambahan kamu, ada juga website yang membahas dan mereview PTC-PTC. Diantara lain, ptctalk.com, uronlinebiz.com sama cosaranda.com.

* Usahanya asyiknya, tapi ngejalaninnya sepertinya susah.
Nggak susah sebenernya, selama kita mau usaha dan sabar. Kuncinya itu cuma dua itu aja, sama satu lagi, jangan cepet nyerah!

* Makasih banyak, ya?
Sama-sama. Weuhhhhh,,, mo promosi dikit nih. Kalo tertarik ikut PTC, kamu bisa klik link yang ada di sebelah kanan dan menjadi referensi dari saya. Semua PTC yang saya ikuti, memakai login name 'th3cl41', ya...^^

* Nah kalo nanti mau ikutan bnyk PTC, bingung dong ngafalin login name sama passwordnya satu persatu?
Wah, jangan pke bingung dong! Pke semangat iya, hehehe... Coba kamu tulis di notes satu per satu PTC yang kamu daftarin, tulis jg login name sama passwordnya disitu. Jadi kalo mo ngeklik tinggal buka deh notesnya. Tapi kalau saya pribadi sih nggak mau repot sama urusan yang begituan jadi semua login name dan password saya bikin sama semua. Takut nggak aman? Aman dong, apalagi kalau kamu pakai komputer atau laptop pribadi yang notabene yang make cuma kamu aja sama orng2 terdekat kamu. Mereka nggak bakalan mungkin usil mau ngehapus account PTC kamu dong? Cara mana yg menurut kamu lebih oke, silahkan diikutin ya.

* Pertanyaan terakhir. Step by stepnya dong!^^
Kamu klik aja nama PTC yang pengen kamu ikutin yang ada di blog ini. Trus kamu pilih menu register. Isi aj data-data yang diminta, biasanya nggak jauh dari login name, password, email, email alertpay/paypal sama isi kode yang nanti tertera di sana. Abis itu, kamu klik register atau submit. Tunggu sebentar, trus kamu login deh... Gampang, kan?

* Abis login?
Pilih menu 'view ads', 'surf ads' atau 'ads' aja...

* Wokeh, makasih banyak ya?
Sama2 lagi deh. Selamat berburu recehan dollar, ya. Semoga sukses. Promosi lagi, kalo ada yang mo ikut, pake referrals saya aja^^. Makasi loh.

Sebagian isi blog ini, saya ambil dari erickwesz.blogspot.com dengan penambahan dan pengurangan disana sini. Juga dari google.com. Thanks a lot ya...

0 comments: