Tuesday, July 29, 2008

Ciri2 PTC Scam itu apa ya?

Saya baru habis googling dan nemuin beberapa ciri-ciri dari PTC (kemungkinan besar) scam. Nggak lucu dong, ternyata PTC yang iklannya sudah kita klik tiap hari atau bahkan mungkin sudah berinvestasi disana, ternyata termasuk salah satu PTC scam.

Makanya, sebelum terlambat yuk kita cari ciri-cirinya.

1. Ciri-ciri pertama dan yang paling keliatan adalah, earnings yang mereka tawarkan tidak masuk akal, alias terlalu besar (mungkin kalo beneran, cepet kaya dong kita). Misalnya mereka memberi kita earning $0.02 per klik. Bagi kamu yang masih bingung sama earnings dari sebuah PTC, hitung-hitungan PTC sudah pernah saya bahas disini. Padahal maksimal earnings sebuah PTC adalah $0.01 kepada free membership (lain lagi ya kalau kamu udah upgrade jadi premium, tentunya earnings kamu bisa lebih dari free membership per kliknya). Saya sendiri pernah membaca sebuah situs PTC yang rada gokil. Kenapa gokil? Mereka membayar member gratisnya dengan $150 per klik. Kamu jangan langsung percaya aja. PTC ini adalah salah satu PTC Scam. Bandingkan dengan perhitungan yang sudah saya berikan disini. Kalo kamu masih ngotot aja mau ngikutin PTC semacam ini, siap2 aj uang kamu dibawa kabur, ya!

2. Waspada sama PTC yang memakai hosting sama domain gratis, misalnya .co.cc, .tk, .co.nr. Logikanya gini aja, kalau si pembuat PTC mempunyai modal, dia akan menyewa hosting dan domain (FYI: harga hosting dan domain itu nggak terlalu mahal). Waspadai jg PTC yang seperti ini kalo nggak mau rugi.

3. Desain webnya standard. PTC yang ingin kamu daftar jadi anggotanya mempunyai desain yg sama dengan PTC yang udah kamu join sebelumnya? Perlu dicurigai nih. Tapi dalam beberapa kasus, ada juga PTC yang memiliki desain standart seperti bux.to dan 10bux.net terbukti membayar. Bingung? Gini aja deh, kalo kamu memang berniat investasi di salah satu PTC, cari dulu informasi sebanyak-banyaknya tentang PTC itu biar nanti kamu nggak nyesel karena uang kamu dibawa kabur^^

4. Ada bugs, tapi nggak ada perbaikan. Mending kamu ngacir deh kalo ketemu PTC yang kaya' gini. Hampir semua script mempunyai bugs/kesalahan dalam scriptnya. Contohnya ada lubang pada security PTC tersebut sampai-sampai bisa dihack atau yang paling banyak kasus yang ditemukan,referral bug. Jika pemilik PTC tersebut nggak bisa nyewa ahli untuk menghilangkan bugs itu, atau minimal memperbaikinya, maka kemungkinan besar dana kita di PTC seperti ini nggak akan dicairin oleh mereka.

5. Di dalam payment mereka nggak ada TOS/FAQ/Privacy Policy. Hati-hati juga dengan PTC seperti ini. Biasakan untuk memutuskan untuk bergabung di sebuah PTC, untuk membaca TOS/FAQ/Privacy Policy mereka. Kalo nggak ada, mendingan batalin aja niat kamu. Pengamanan aja nggak ada, gimana uang kamu bisa aman diinvestasikan disitu?

6. Nothing forum and nothing support. Satu lagi PTC yang harus kamu curigai kalo nggak punya forum atau support. Gimana bisa dibilang PTC 'aman' kalo nggak ada tempat untuk para anggotanya untuk complain atau sharing pengalamannya (kalaupun sudah terbukti menerima pembayaran). PTC seperti ini kudu kamu jauhin, ya!

Pada dasarnya saya hanya bisa memberikan masukan kepada pembaca blog saya tercinta(^^) kalau tidak ada bisnis PTC yang aman karena semua bisnis itu mempunyai resiko dan keberhasilan sendiri-sendiri. PTC yang awalnya termasuk dalam kategori 'white PTC' bisa saja tiba-tiba menjadi PTC Scam.

Tapi menurut saya pribadi, nggak ada salahnya kalo kamu mau memulai bisnis ini karena tidak memerlukan modal sedikit pun (kecuali koneksi internet dan komputer, hehehe) alias nol. Tapi kalau pun nanti ada yg berniat untuk terjun langsung ke bisnis ini secara utuh (baca: menanamkan modalnya di salah satu PTC), itu sah-sah saja. Yang penting teliti sebelum memilih PTC yang akan kamu tanamkan modal, ya, supaya nggak tertipu.

Keep clicking!

1 comments:

Admin said...

Waduh thanks baget ya